LAPORAN DASAR-DASAR ILMU TANAH

Oktober 24, 2010 at 10:04 am (PRAKTIKUM ILMU TANAH)

Tanah adalah lapisan permukaan bumi paling luar sebagai tempat tumbuhnya tanaman. Tanah berasal dari hasil pelapukan batuan induk (anorganik) dan bahan-bahan organik dari tumbuhan dan hewan yang telah membusuk. Bahan yang menyusun tanah terdiri atas zat padat, cair, gas, dan organisms. Pelapukan batuan induk pembentuk tanah di daerah tropis seperti Indonesia sangat dipengaruhi faktor suhu dan kelembapan udara.

Tanah tersusun dari: (a) bahan padatan, (b) air, dan (c) udara. Bahan padatan tersebut dapat berupa: (a) bahan mineral, dan (b) bahan organik. Bahan mineral terdiri dari partikel pasir, debu dan liat. Ketiga partikel ini menyusun tekstur tanah. Bahan organik dari tanah mineral berkisar 5% dari bobot total tanah. Meskipun kandungan bahan organik tanah mineral sedikit (+5%) tetapi memegang peranan penting dalam menentukan Kesuburan Tanah.

Pada masa pembangunan seperti sekarang tanah yg awalnya dimanfaatkan sebagai lahan pertanian sudah mengalami perubahan menjadi pemukiman penduduk. Desa berkembang menjadi kota, kota berkembang menjadi sebuah kota yg lebih besar. Kota metropolitan bahkan megapolitan semakin bertambahnya populasi manusia bertambah pula kebutuhan tanah untuk bermukim, sehingga lahan pertanian akan semakin berkurang sedangkan kebutuhan pangan manusia semakin meningkat. Hal ini sudah menjadi fenomena umum dalam kehidupan. Oleh karena itu tanah harus digunakan sebaik-baiknya dan seefisien mungkin.

Praktikum ini adalah sebagai sarana untuk mempelajari tentang tanah sehingga kita dapat menentukan tindakan pengelolaan dan pemanfaatan yg terbaik untuk berbagai macam jenis dan sifat tanah yg kita temukan dilapangan.

 

BAB I_awal

BAB I_sambung

BAB II_awal

BAB II_sambng

BAB III_awal

BAB III_sambung

BAB IV_awal

BAB IV_sambung

BAB V_awal

BAB V_sambung

BAB VI_awal

BAB VI_sambung

BAB VII_awal

BAB VII_SAMBUNG

1 Komentar

  1. erma said,

    we ee ee ee…..sip….sip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: